MENU DAN IKON MICROSOFT OFFICE DAN FUNGSINYA
MENU DAN IKON MICROSOFT OFFICE DAN FUNGSINYA
Fungsi Menu dan Ikon Pada Microsoft Word
I. Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
II. Fungsi Icon Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
A. Fungsi Icon di Group Pages
Cover Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page : untuk memisah suatu halaman file dokumen
B. Fungsi Icon di Group Tables
Insert Table : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
C. Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart : digunakan untuk menyisipkan diagram
D. Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark : digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference : digunakan untuk membuat referensi antar file
E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
Header : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group Text
Text Box : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain :
(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis,
(2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen.
(3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel]
(4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts
(5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G. Fungsi Icon di Group Symbols
Equation : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
III. Fungsi Icon pada Tab Page Layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
A. Icon Perintah di Group Themes
Themes : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
B. Icon Perintah di Group Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
Margins : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation : digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Size : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columns : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenation : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
C. Icon Perintah di Group Page Background
Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
Watermark : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
D. Icon Perintah di Group Paragraph
Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
Indent : digunakan untuk mengatur batas teks;
Spacing : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
E. Icon Perintah di Group Arrange
Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
Position : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
Align : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
Komentar
Posting Komentar